Psikologi Pendidkan "Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi"

PERENCANAAN
Sering dikatakan bahwa jika orang gagal membuat rencana, maka dia merencanakan kegagalan. Banyak orang sukses menghubungkan prestasi mereka dengan perencanaan yang efektif. Pembahasan perencanaan di blog ini akan mendeskripsikan apa itu perencanaan instruksional dan kerangka waktu dari perencanaan.

Perencanaan Instruksional
Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran.
Kerangka Waktu
Menyusun rencana waktu yang sistematis membutihkan pengetahuan tentang apa-apa yang perlu dilakukan dan kapan melakukannya, atau perlu fokus pada "tugas" dan "waktu". Berikut ini salah satu contoh rencana dan tugas (Douglass & Douglass, 1993).
     Apa yang Perlu Dilakukan  
     1. Menentukan tujuan isntruksional
     2. Merencanakan kegiatan
     3. Menentukan prioritas
     Waktu Melakukannya
     4. Membuat estimasi waktu
     5. Membuat jadwal
     6. Fleksibel

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED
Perencanaan dan instruksi disusun dengan ketat dan guru mengarahkan pembelajaran murid.

Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered
Tiga alat umum di sekolah yang berguna dalam perencanaan teacher-centered adalah:
   1. Menciptakan Sasaran Behavioral. Sasaran behavioral adalah pernyataan tentang perubahan  
       yang diharapka oleh para guru terjadi dalam kinerja murid. Mager percaya bahwa sasaran 
       behavioral harus mengandung tiga bagian :
  • Perilaku murid
  • Kondisi di mana perilaku terjadi
  • Kriteria kerja
   2. Menganalisis Tugas
       Difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen 
       komponen. Analisis ini dapat dilakukan dengan tiga langkah :
      1. Menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan murid untuk memperlajari tugas.
      2. Mendaftar materi yang diperlukan.
      3. Mendaftar komponen tugas yang harus dilakukan.

  3. Menyusun Taksonomi Instruksional
      Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi tiga dominan, yaitu;
      Dominan kognitif Tkasonomi kognitif Bloom mengandung enam sasaran :
  • Pengetahuan
  • Pemahaman
  • Aplikasi
  • Analisis
  • Sintesis
  • Evalusai
     Dominan Afektif Taksonomi afektif terdiri dari lima sasaran :
  • Penerimaan
  • Respons
  • Menghargai
  • Pengorganisasian
  • Menghargai karakterisasi
     Dominan Psikomotor Taksonomi psikomotor ada enam sasaran :
  • Gerak refleks
  • Gerak fundamental dasar
  • Kemampuan perseptual
  • Kemampuan fisik
  • Gerakan terltih
  • Perilaku nondiskutif
Instruksi Langsung
Instruksi langsung adalah pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, memaksimalkan waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha ol pengaruh oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.

Strategi Instruksional Teacher-Centered
a. Mengorientasikan
b. Advance organizer
c. Comparative advance oragnizer
d. Penagjaran, Penjelasan, dan Demontrasi
e. Pertanyaan dan Diskusi 

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELJARAN LEARNER-CENTERED

Faktor Kognitif dan Metakognitif 
a. Sifat proses pembelajaran
b. Tujuan proses pembelajaran
c. Konstruksi pengetahuan
d. Pemikiran strategis
e. Memikirkan tentang pemikiran 9metakognisi)
f. Konteks pembelajaran
Faktor Motivasi dan Emosional
g. Pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran
h. Motivasi intrinsik untik belajar
i. Efek motivasi terhadap usaha
Faktor Sosial dan Developmemtal
j. Pengaruh perkembnagan pada pembelajaran
k. Penagruh sosial terhadap pembelajaran
Faktor Perbedaan Individual
k. Perbedaan individual dalam pembelajaran
l. Pembelajaran dan diversitas
m. Standar dan penilian

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Standar untuk Murid yang "Melek Teknologi"
    Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua

  • Gunakan alat input
  • Gunakan variasi media dan teknologi
  • Gunakan sumber daya multimedia yang pas
  • Kerja samadengan teman
  • Gunakan sumber daya teknologi
  • Tunjukkan periilkau etis dan sosial yang positif
    Grade 3 Sampai 5
  • Gunakan keyborad
  • Diskusikan pengguanaan teknologi
  • Gunakan alat teknologi
  • Gunakan telekomunikasi secara efektif
  • Gunakan sumber daya online
  • Gunakan sumber daya teknologi
     Grade 6 Sampai 8
  • Pengaplikasian strategis
  • Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan  teknologi
  • Gunakan alat spesifik, software, dan simulasi
  • Desai, kembangkan, publikasikan, dan paparkan produk
  • Teliti dan evaluasi akurasi
    Grade 9 Sampai 12
  • Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi
  • Gunakan sumber daya teknologi
  • Gunakan informasi online secara rutin
  • Pilih dan aplikasikan alat teknologi
Sumber :

Sabntrock, W. John. (2004). Psikologi Pendidikan Edisi Kedia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Komentar

Postingan Populer