Psikologi Pendidikan "Perkembangan Kognitif dan Bahasa"

Proses dan Periode
Pola perkembangan anak adalah pola yang komples karena merupakan hasil dari beberapa proses; proses biologis, kognitif, dan sosioemosional. Perkembangan juga bisa dideskripsikan berdasarkan periodenya.

Proses Biologis, Kognitif, dan Sosioemosional. Proses biologis adalah perubahan dalam tubuh anak. Proses kognisi adalah perubahan dalam pemikiran, kecerdasan, dan bahasa anak. Proses sosioemosional adalah perubahan dalam hubungan anak dengan orang lain,  perubahan dalam emosi, dan perubahan dalam kepribadian.

Periode perkembangan Periode perkembnagan ini diklasifikasikan dalam enam kategori, yaitu :
- Infancy adalah periode dari kelahiran sampai usia 24 bulan. Ini adalah masa ketiak sangat ketergantungan kepada oran tuanya. Banyak aktivitas seperti perkembangan bahasa, pmeikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan pembelajaran sosial baru di mulai.
- Early Chilhood (prasekolah)  adalah periode dari akhir masa bayi sampai umur 5 atau 6 tahun. Selama periode ini, anak menjadi semakin mandiri, siap untuk bersekolah, dan banyak menghabiskan waktu bersama teman.
- Middle dan Late chilhood (masa sekolah dasar)  dimulai dari usia 6 samapi 11 tahun. Anak melia bisa meembaca, menulis, dan menghitung.
- Adolescense (remaja) adalah transisi dari masa anak-anak ke usia dewasa. Periode ini dimulai sekitar usia 10 atau 12 tahun sampaii usia 18 atau 20 tahun. Remaja mulai mengalami perubahan fisik yang cepat dan perkembangan fungsi seksual.
- Early adulthood dimulai di akhir usia remaja atau awal 20-an sampai 30-an.
- Adult (dewasa)

PERKEMBANGAN KOGNITIF

Otak
Sampai saat ini belum banyak diketahui tentang bagaimana perubahan otak saat usia anak-anak dan ketika mereka tumbuhh. Meski sudah ada kemajuan lumayan dalam upaya menjelaskan perubahan perkembangna otak, namun masih banyak hal yang belum diketahui.

Daerah dan Seel Otak Penambahan ukuran otak juga disebabkan oleh myelination, sebuah proses dimana banyak sel otak dan sistem saraf diselimuti oleh lapisan-lapisan sel lemak yang bersekat-sekat. Syynapse adalah jarak tipis antar neuron tempat terbentuknya koneksi antar neuron.
Lateralisasi adalah spesialisasi fungsi dalam satu bagian otak atau satu bagian lainnya. Dalam individu dengan otak yang utuh,ada spesialisasi fungsi di beberapa area  :
    1. Pemrosesan verbal
    2. Pemrosesn nonverbal

Teori Piaget
Proses Kognitif Dalam memahami dunia mereka secara aktif, anak-anak menggunakan skema (kerangka kognitif atau kerangka referensi). Skema adalah konsep atau kerangka yang eksis di dalam pikiran seseorang yang dipakai untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi. Asimilasi terjadi ketika seorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada. Akomodasi  terjadi ketika anak menyesuaikann diri pada informasi baru. Organisasi adalah konsep Piaget tentang pengelompokkan perilaku yang terpisah  ke dalam sistem kognitif yang lebih tertib dan lancar; pengelompokkan atau penataan perilaku ke dalam kategori-kategori. Penggunaan organisasi meningkatkan kemampuan memori jangka panjang. Ekuilibrasi adalah suatu mekanisme yang dikemukakan Piaget untuk menjelaskan bagimana anak bergerak dari satu tahap pemikiran ke tahap pemikiran selanjtnnya.

Tahap-tahap Piagetian
Tahap sensorimotor Tahap Piagetian pertama, mulai dari kelahiran sampai sekitar dua tahun, di mana bayi membangun pemahaman tentang dunia dengan mengoordinasikan pengalaman indra dengan gerakan motor.
Tahap pra-operasional Tahap Piagetian kedua, mulai dari sekitar dua tahun sampai tujuh tahun; pemikiran simbolis meningkat tetapi pemikiran operasional belum ada. Tahap ini dibagi menjadi dua sub, yaitu :
  1. Subtahap fungsi simbolis Subtahap pertama dari pemikiran praoperasional, terjadi diantara usia        dua sampai empat tahun; berkembangnya kemampuan untuk mempresentasikan objek yang tidak        hadir dan meningkatnya pemikiran simbolis; munculnya egosentrime dan animisme.
  2. Subtahap pemikiran intuitif adalah subtahap kedua dalam pemikiran praoperasional, dimulai           sekitar usia empat tahun dan berlangsung sampai usia tujuh tahun.Pada tahap ini anak mulai               menggunakan penalaran primitif dan ingin tahu jawaban dari semua pertanyaan.
Tahap operasional konkret Tahap perkembangan kognitif Piaget ketiga, terjadi di usia tuujuh smapia sebelas tahun. Pada tahap ini anak berpikir secara operasional dan penalaran logis menggantikan penalaran intuitif meski hanya dalam situasi konkret; kemampuan klasifikasi sudah ada tetapi belum bisa memahami problem abstrak.
Tahap operasional formal Tahap perkembangan kognitif keempat menurut Piaget yang muncul antara usia 11 hingga lima belas tahun; dalam tahap ini , pemikiran remaja lebih abstrak,idealistis, dan logis.

Teori Vygotsky
Zone of Proximal Development (ZPD) adalah istilah Vygotsky untuk serangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak secara sendirian tetapi dapat dipalajari dengan bantuan dari orang dewasa atau anak yang lebih mampu.
Scaffolding Teknik untuk mengubah level bantuan untuk belajar. Seorang guru atau sesama murid yang lebih pandai atau mampu menyesuaikan jumlah bimbingan sesuai dengan kinerja murid.
Pendekatan konstruktivis sosial Menekankan konteks dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan dibangun dan dikonstruksi secara bersama; teori Vygotsky adalah contoh dari pendekatan ini.

PERKEMBANGAN BAHASA

Bahasa adalah bentuk komunikasi, baik itu lisan maupun tulisan bahkan tanda, yang didasarkan pada sistem simbol.
Morfologi adalah aturan untuk mengkombinasikan morfem, yang merupakkan serangkain suara yang merupakan kesatuan bahasa terkecil.
Sintaksis adalah cara kata dikombinasikan untuk membentuk frasa dan kalimat yang bisa di terima.
Sematik adalah makna kata dan kalimat.
Pragmantis adalah penggunaan percakapan yang tepat.

Tonggak Utama Bahasa
0-6 Bulan            Sekedar bersuara
                             Membedakan huruf hidup
                             Berceloteh pada akhir periode
6-12 Bulan          Celoteh bertambah dengan mencakup suara dari bahasa ucap
                             Isyarat digunakan untuk mengomunikasikan suatu objek
12-18 Bulan        Kata pertama diucapkan
                             Rata-rata memahami 50 kosakata lebih
18-24 Bulan        Kosakata bertambah sampai rata-rata 200 buah
                             Kombinasi dua kata
2 Tahun               Kosakata bertambah cepat
                             Penggunaan bentuk jamak secara tepat
                             Penggunaan kata lampau
                             Penggunaan beberapa preposisi atau awalan
3-4 Tahun           Rata-rata panjang ucapan naik dari 3 sampai 4 morfem per kalimat
                             Menggunakan pertanyaan
                             Menggunakan bentuk negatif dan perintah
                             Pemahaman pragmatis bertambah
5-6 Tahun           Kosakata mencapai rata-rata 10.000 buah
                            Koordinasi kalimat sederhana
6-8 Tahun           Kosakata terus bertmabha cepat
                            Lebih ahli menggunakan aturan sintaksis
                            Keahlian bercakap meningkat
9-11 Tahun         Definisi kata mencakup sinonim
                            Strategi berbicara terus bertambah
11-14 Tahun       Kosakata bertambah dengan kata-kata abstrak
                            Pemahaman bentuk tata bahasa kompleks
                            Pemahaman fungsi kata dalam kalimat
                            Memahami metafora dan satire
15-20 Tahun      Dapat memahami karya sastra dewasa


Sumber :

Santrock, W. John. (2004). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Pranadamedia Group.

Komentar

Postingan Populer