Tugas Materi Microsoft Word

MAKALAH
PERKEMBANGAN PRENATAL SAMPAI ANAK-ANAK


Hasil gambar untuk logo usu

Oleh :

Desri Rahmadiani
161301208








Fakultas Psikologi
Universitas Sumatera Utara
Medan
2016/2017




Kata Pengantar

     Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "Perkembangan Prenatal Sampai Anak-anak". Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka saya ucapkan terima kasih  kepada yang ikut berpartisipasi menyiapkan makalah saya ini.
        
        Saya menyadari bahwa makalah ini belum sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan maklah ini.




Medan, 29 September 2016

Desri Rahmadiani      


Daftar Isi

KATA PENGANTAR................................................................................i
DAFTAR ISI..............................................................................................ii
BAB I  PENDAHULUAN.........................................................................
      1.1  Latar Belakang..............................................................................iii
      1.2  Rumusan Masalah.........................................................................iv
      1.3  Tujuan Masalah.............................................................................v
BAB 2  ISI.................................................................................................
Perkembangan Prenatal: Konsepsi hingga Kelahiran...............................1
     2.1  Dasar Genetik................................................................................1
     2.2  Penagaruh Genetik Terhadap Janin...............................................2
     2.3  Pengaruh Lingkungan Prenatal.....................................................2
Bayi dan Masa Kanak-Kanak...................................................................3
     3.1  Refleks..........................................................................................3
BAB 3  PENUTUP....................................................................................4
DAFTAR PUSTAKA................................................................................5


Bab I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

       Setiap orang tua tentu berkenginan agar anaknya dapat tumbuh kembangnya optimal, yaitu agar anaknya dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang terbaik sesuai dengan potensi genetik yang ada pada anak tersebut. Hal ini dapat tercapai apabila kebutuhan dasar anak (asah, asih, dan asuh) terpenuhi. Kebutuhandasar anak harus dipenuhi yang mencakup imtaq, perhatian, kasih sayang, gizi, kesahatan, pengahargaan, pengasuhan, rasa aman / perlindungan, partisipasi, dan lainya.

1.2  Rumusan Masalah


  • Apa saja fator-faktor yang mempengaruhi prenatal ?
  • Apa saja penyakit bawaan yang terjadi pada masa prenatal ?
  • Apa itu refleks dan apa saja refleks itu ?
1.3  Tujuan Masalah

  • Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prenatal,
  • Mengetahui penyakit bawaan yang terjadi pada masa prenatal,
  • Mengetahui pengertian refleks dan pembagiannya.



Bab II
Isi

Perkembangan Prenatal: Konsepsi hingga Kelahiran

Dasar Genetik

Entitas satu sel yang terbangun pada saat konsepsi terdiri atas 23 pasang kromosom, struktur berebentuk batang yang mengandung semua informasi dasar hereditas. Salah satu anggota dari setiap pasang adalah dari sang ibu, dan anggota lain dari sang ayah.
      Setiap kromosom mengandung ribuan gen yaitu unit yang lebih kecil yang menyalurkan informasi genetik. Baik secara individual maupun dalam kombinasi, gen maenghasilkan karakteristik tertentu dari seorang individu. Dibangun oleh sekuen-sekuen molekul DNA (deoxyribonucliec aci), gen adalah ekuivalen biologis dari "perangkat lunak" yang memprogam perkembangan semua bagian tubuh dimasa depan.

Pengaruh Genetik Terhadap Janin

Proses pertumbuhan janin yang mencerminkan perkembangan normal yang terjadi pada 95-98 persen dari seluruh kehamilan. Beberapa individu kurang beruntung, dalam 2-5 persen kasus lainnya, anka-anak dilahirkan dengan cacat lahir serius. Penyebab utama dari cacat ini adalah gen atau kromosom yang bermasalah. Berikut beberapa kesulitan genetik atau kromosom yang umum ditemukan.

  • Fenilketonuria (PKU) Seorang anak yang dilahirkan dengan penyakit bawaan fenilketonuria tidak dapat menghasilkan enzim yang diperluakn untuk perkembangan normal. Kekurangan ini menyebabkan akumulasi racun yang akhirnya menyebabkan keterbelakangan mental serius.
  • Anemia sel sabit. Penyakit yang dinamakan atas penyebabnya adalah abnormalitas bentuk sel darah yang membentuk seperti bulan sabit. Anak-anak dengan penyakit ini mungkin mengalami periode sakit, mata kuning, pertumbuhan terhambat,dan masalah penglihatan.
  • Penyakit Tay-Sachs. Penyakit disebabkan karena ketidakmampuan memecah lemak.
  • Down syndrome. Salah satu penyebab keterbelakangan mental yang terjadi ketika zigot menerima tambahan kromosom pada saat konsepsi.

Penagruh Lingkungan Prenatal

Faktor genetik bukanlah satu-satunya penyebab kesulitan pada perkembangan janin. Penagruh linkungan-bagian nature-nurture juga mempengaruhi janin. Beberapa konsekuensi yang paling nyata dibawa oleh teratogen yaitu agen lingkungan seperti obat-obatan, virus, atau faktor-faktor lain yang menyebabkan cacat lahir. Berikut di antara pengaruh lingkungan prenatal utama terhadap janin.


  • Nutrisi ibu. Apa yang dimakan oleh seorang ibu pada masa kehamilannya dapat memilki implikasi penting bagi kesehatan sang bayi.
  • Penyakit ibu. Bebrapa penyakit yang memilki efek yang relatif kecil pada kesehatan seorang ibu dapat memilki konsekuensi yang buruk untuk janin yang sedang berkembang jika mereka terjadi pada masa awal kehamilan.
  • Kondisi emosi ibu. Kondisi emosi seorang ibu dapat mempengaruhi bayi. Ibu yang cemas dan tegang pada bulan-bulan terakhir kehamilannya lebih besar kemungkinannya memilki bayi yang mudah terganggu serta sering susah tidur dan susah makan. 
  • Konsumsi obat oleh ibu. Ibu yang mengonsumsi obat-obatan aditif ilegal seperti kokain berisiko melahirkan bayi yang memilki kecanduan yang sama.
  • Penggunaan nikotin. Ibu hamil yang merokok menempatkan anak mereka pada resiko tinggi. Merokok ketika hamil dapat menyebabkan keguguran dan kematian janin.


Bayi dan Masa Kank-Kanak

Refleks

Refleks adalah respons yang tidak dipelajari, tidak disadari yang terjadi secara otomatis akibat keberadaan sebuah stimulus. Refleks terbagi atas beberapa bagian, yaitu :

  • Refleks rooting. misalnya menyebabkan bayi menggerakkan kepalanya pada sesuatu yang menyentuh pipi mereka seperti botol atau kompeng.
  • Refleks terdesak, untuk membersihkan tenggorokan.
  • Refleks terkejut, serangkaian gerakan ketika seorang bayi mengayunkan tangannya, membuka jari-jarinya, dan mengangkat punggung sebagai respon terhadap suara yang tiba-tiba.
  • Refleks babinski, ketika ibu jari menutup ketika bagian luar tumitnya digoyangkan.

Bab 3
Kesimpulan

   Secara psikologis, permulaan perkembangan dimulai pada waktu anak yang belum dilahirkan tersebut bereaksi terhadap rangsangan dari laur. Hal ini dapat ditunjukan bahwa janin yang ada dalam kandungan sudah bisa memberikan repons. 

     Bahaya yang biasanya terjadi ketika masa prenatal, ketidak teraturan perkembangan keguguran., kelahiran kembar, tress ibu, sikap yang kurang menguntungkan dari orang yang berarti.



Daftar Pustaka

Feldman S. Robert.2012. Pengantar Psikologi Edisi 10 Buku 2. New York: Salemba Humanika.




Makalah di atas adalah tugas dari materi Micsrosoft Word. Tugasnya menuntut kita untuk menggunakan Header/Footer, Page Number, dan cara membuat daftar isi. Berikut ini cara-caranya.

1.  Membuat Daftar Isi
Setelah mencoab-coba akhirnya saya bisa juga. Saya menulisnya dengan menggunakan Ms.Word 2007. Kini saatnya saya harus membuat Daftar Isi sebagai salah satu persyaratan sebuah makalah pada umumnya. Tentu bukannya hanya makalah yang memerlukan Daftar Isi, berbagai artikel lain yang biasa kita tulis membutuhkan yang namanya Daftar Isi.

Memang ada cara manual yang biasa saya buat dalam menyusun Daftar Isi, tapi kadang kurang rapi dan biasanya kita harus mengetik ulang semua judul item dan sub item yang akan muncul di Daftar Isi. Ternayat setelah saya mencoba mencari artikel dan panduan dalam menyusun Daftar Isi khususnya di Ms.Word 2007, akhirnya ketemu juga dan ternayat cara tersebut sudah tersedia dalam fitur Ms.Word 2007 yang kita gunakan.

Pasti anda memilki pengalaman lain tentang pembuatan Daftar Isi pada Ms.Word 2007. Namun yang perlu diingat dalam pembuatan Daftar Isi ini, kita harus sudah memilki ketikan paling tidak sudah memuat beberapa halaman dengan judul item dan sub judul  item.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca tahapan berikut :

Tahap 1 ; Buka artikel / tulisan yang sudah anda ketik, dan tentunya Ms.Word 2007.
Tahap 2: Blok  tulisan yang ingin anda tampilkan dalam Daftar Isi, misalnya yang pertama kali anda blok tulisan "BAB 1 PENDAHULUAN"
Tahap 3 : Klik di menu Reference, pada Sub Menu Tableof Contents klik di tulisan Add Text nanti akan muncul pilihan mulai dari Level 1 sampai dengan Level 3. Silahkan anda klik Level 1. Jangan kaget karena tulisan anda akan bergeser ke sebelah kiri halaman dan tulisan akan berubah warna menjadi warna Biru. Anda bisa kemabli menempatkan ke bagian tengah dan mengganti warna tuilisan menjadi warna hitam.

daftar-isi-word1


Tahap 4 : Blok sub item dari bab 1 tersebut misalnya "A. Latar Belakang".
Tahap 5 : Ulangi tahap 3 diatas, namun untuk sub item tersebut silahkan pilih level 2. Begitu stserusnya untuk sub   item lainnya.
Tahap 6 : Ulangi semua tahap 2 sampai tahap 5 untuk bab berikutnya.
Tahap 7 : Silahkan buka halaman baru di file baru Ms.Word atau buat halaman baru di akhir tulisan (pilih yang     anda mau).
Tahap 8 : Masih pada menu Reference dan sub menu Table Of Contents silahkan klik tulisan "Table of Contents" selanjutnya pilih pada "Auto Matic Table 1".

daftar-isi-word2

Tahap 9 : Silahkan lihat hasilnya sebagai berikut

daftar-isi-word3

Kalau sudah tampil daftar isinya, silahkan edit tulisan Contents dengan tulisan DAFTAR ISI dengan seperti maksud awaltulisan ini.Anda dapat juga mengganti tulisan lainnya, tetapi perlu diingat bahwa anda tidak perlu menggantinya langsung pada daftar isi yang sudah jadi. Namun anda cukup kemabli pada tulisan anda dan edit tulisan pada judul/itrm dan sub item yang ingin diganti. Selanjutnya anda klik satu kali pada kotak daftar isi yang sudah ada, sehingga akan muncul tulisan Update Table-nya pada bagian atasnya.

daftar-isi-word4

Silahkan klik Update Table dan pilih Update Entire Table selanjutnya klik OK.

daftar-isi-word5

Sekarang Daftar Isi anda sudah selesai.
Selamat mencoab semoga membantu.

2.  Header dan Footer

Untuk membuat variasi tampilan kadang kita butuh untuk memberikan Header dan Footer yang berbeda antara halaman yang satu dengan halaman yang lain. Untuk membuat tampilan Headre dan Footer yang berbeda di setiap halaman Ms.Word 2007 anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Letakkan posisi kursor teks pada tempat anda ingin membuat header atau footer yang berbeda.
2. Buat menjadi sebuah Section yang baru. Cara cepatnya berturut-turut tekan tombol ALT+I,B,N.
3. Pada dialog Break yang ditampilkan, ppada bagian Section Break Type pilih Next Page.
4. Klik Ok untuk menambahkan sebuah Section yang baru.
5. Selanjutnya pada double klik area header dan footer, atau anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada area header dan footer, lalu pada Pop Up menu yang muncul klik item Edit Header atau Edit Footer.

Gambar: Cara mengatur header dan footer  di Microsoft Word agar bisa berbeda di tiap halaman
6. Perhatikan gambar di atas. Jika anda memberikan tanda check pada Different First Page anda akan memilki halaman pertama yang berbeda yang pada gambar tersebut ditunjukkan dengan First Page Header Section 2. Sedangkan Jika anda ingin Header tersebut berbeda dengan header dari Section sebelumnya, maka hilangkan Link to Previous. Hla ini sama juga harus anda lakukan pada footer jika anda ingin footer halaman anda berbeda dengan footer halaman section sebelumnya.

Komentar

Postingan Populer